7 Tips Hidup Produktif Tahun 2023 - proteksi hidup

Tips Hidup Produktif Tahun 2023

  • Post author:
  • Post category:Blog

Tips Hidup Produktif Tahun 2023

Tips Hidup Produktif | Menurut informasi yang saya baca dan ketahui secara umum, usia produktif rata-rata orang pada umumnya berkisar antara 15 – 64 tahun, meskipun ada sebagian orang yang masih bisa produktif meskipun sudah menjumpai usia senja.

Hidup yang produktif tentunya memiliki banyak manfaat baik bagi diri sendiri, orang-orang sekitar kita maupun orang yang berada di luar circle kita. Siapapun bisa menjadi produktif.

Berikut ini 7 tips hidup produktif dalam kehidupan sehari-hari

1. Buatlah target harian

Target harian yang kita buat bisa mempermudah dalam menjalani kegiatan sepanjang hari. Target yang telah kita susun akan menuntun kita pada setiap tindakan yang perlu kita ambil sepanjang hari itu.

Buatlah target harian yang masuk akal dan bisa untuk dilakukan / diwujudkan. Mulailah dengan membuat sebuah target yang sederhana dan mudah, lalu jika sudah terbiasa menjalani target tersebut, buatlah target dengan tingkatan yang lebih sulit.

Lebih baik mengerjakan 5 target yang terlihat sederhana namun bisa kita lakukan daripada membuat sebuah target besar namun di luar kemampuan kita.

tips hidup produktif - buatlah target harian
Source : Pixabay

2. Aturlah jadwal bekerja dan berisirahat

Perlu diperhatikan bahwa bekerja dan beristirahat haruslah seimbang. Terkadang, karena terlalu menikmati pekerjaan yang sedang kita lakukan, kita bisa sampai lupa dengan waktu dan segalanya. Itu bukanlah sebuah kesalahan, namun tubuh kita juga butuh istirahat karena kita bukanlah robot.

Aturlah jadwal bekerja yang ideal menurut kamu, dan jangan lupa untuk beristirahat secukupnya agar tubuh kembali fit. Tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi bisa menjadi sebuah kebiasaan positif yang dapat kita lakukan setiap hari.

tips hidup produktif - aturlah jadwal bekerja dan beristirahat
Source : Unsplash

3. Jangan lupa berolahraga

Seringan dan sesingkat apapun olahraga yang kita lakukan tetap akan berdampak pada kesehatan kita. Sediakan waktu untuk berolahraga agar otot-otot di tubuh kita siap untuk menjalani kegiatan sepanjang hari.

Kamu bisa rutin berolahraga secara sederhana mulai dari berjalan santai di pagi hari, jogging, senam irama, yoga dan olahraga lainnya. Tentukan waktu untuk berolahraga minimal 3x dalam 1 minggu. Jika kamu bisa melakukannya setiap hari tentunya akan jauh lebih baik lagi.

4. Makanlah secara teratur

Terlambat makan mungkin tidak terlalu berdampak bagi tubuh beberapa orang, namun, jika kita sering terlambat untuk makan, maka tubuh kita akan mengalami berbagai masalah.

Gangguan sistem pencernaan akan sering kita jumpai jika kita keseringan terlambat makan, bahkan bisa menyebabkan kita harus dirawat di Rumah Sakit jika kondisi tersebut ternyata cukup parah.

Untuk itu, usahakan untuk makan secara teratur dan batasi porsi makan kamu secukupnya, meskipun kita sedang menikmati makanan yang paling kita sukai.

5. Bacalah buku

Tips hidup produktif berikutnya adalah membaca buku. Membaca adalah sebuah aktifitas yang sangat baik dan bermanfaat untuk kita. Beberapa manfaat membaca buku antara lain :

  • Dapat menstimulasi mental
  • Dapat mengurangi stress
  • Menambah wawasan dan pengetahuan
  • Dapat menambah kosakata
  • Dapat meningkatkan kualitas memori
  • Melatih ketrampilan untuk berfikir dan menganalisa
  • Dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi
  • Melatih untuk dapat menulis dengan baik
  • Dapat memperluas pemikiran seseorang
  • Dapat mendorong tujuan hidup seseorang

Buku adalah gudangnya ilmu. Bacalah buku-buku yang bisa membuat kita lebih produktif dan juga bisa membuat kita dapat menyelesaikan target harian yang telah kita buat sebelumnya.

bacalah buku
Source : Unsplash

6. Batasi penggunaan media sosial

Bermedia sosial sangat berguna untuk menjaga hubungan kita dengan orang-orang yang kita kenal maupun orang yang sama sekali belum kita kenal. Banyak berita dan informasi bertebaran melalui media sosial, katakanlah dari Instagram, Facebook, Twitter, TikTok dan media sosial lainnya.

Terkadang, jika kita tidak membatasi penggunaan media sosial, tanpa kita sadari, sebagian besar kita akan kehabisan waktu tatkala menggunakan media-media sosial tersebut karena salah satu sifat media sosial itu adalah adiktif.

7. Self Reward

Self reward merupakan salah satu bentuk apresiasi atas apa yang telah kita lakukan dan kita capai. Self reward ini bisa berbentuk membeli barang yang kita impikan, berlibur ke tempat yang kita sukai, bahkan bisa jadi hanya sekedar menikmati sebuah film layar lebar bersama dengan orang yang kita sayangi.

Jadikanlah self reward ini sebagai bentuk penghargaan atas pencapaian yang telah kita targetkan. Bilamana target tersebut belum kita capai, janganlah kita sekali-kali melakukan self reward.

Hal tersebut ditujukan agar kita terlatih untuk mencapai target baru kemudian bisa menikmati apa yang telah kita capai. Mungkin ini tidak cocok untuk beberapa orang, namun dengan mendisiplinkan diri kita, pasti akan ada manfaat yang bisa kita dapat.

Demikianlah 7 tips hidup produktif yang bisa kita terapkan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.